Merencanakan Sebuah Website

Rabu, 21 Juli 2010

Membuat website yang efektif membutuhkan perencanaan yang hati-hati, memberi perhatian pada detail dan membutuhkan keahlian teknik yang memadai. Membangun sebuah website yang efektif membutuhkan perencanaan yang seksama. Memahami keseluruhan proses sebelum anda memulai akan menghemat waktu dan uang selama proyek berjalan. Meskipun range situs dari mulai yang sedikit sampai dengan yang komplek, proses pembangunannya tampak serupa.

Untuk merumuskan ide-ide, lihatlah bagaimana perusahaan yang telah membuat struktur dan merancang website mereka.

Yakinkan untuk meregistrasi nama domain situs anda (www.perusahaananda.com) segera setelah anda mulai memikirkan membangun sebuah situs.


Banyak perusahaan pembangun web dapat membantu anda dengan fase-fase proses. Lakukan pencarian online untuk identifikasi perusahaan lokal.
Membangun website melibatkan enam tahapan dasar yaitu :

a) Perencanaan
Pertama-tama, pastikan audience untuk situs anda. Hal ini sangat kritis, karena banyak keputusan desain dan content bergantung pada hal ini. Apakah situsnya untuk anak-anak atau untuk dewasa? Apakah target audience anda mengakses internet dari tempat kerja, sekolah atau rumah? Apakah anda menggunakan perangkat mobile untuk mengakses situs anda? Apakah mereka ingin informasi atau hiburan? Yakinkan anda mengetahui jawaban dari tipe pertanyaan ini. Situs anda harus diorganisasikan dengan baik untuk memberikan keuntungan pada pengunjung dan juga untuk mempermudah perawatan.

b) Pembangunan content
Content dari situs anda akan menjadi beberapa kombinasi informasi yang anda miliki dan informasi yang akan anda butuhkan untuk dibuat. Hal ini mungkin waktunya untuk menyewa/mempekerjakan penulis kreatif, atau untuk kebutuhan bisnis, seorang Web-savvy public relations yang professional bisa membantu anda mendefinisikan beberapa konsep pada perusahaan anda termasuk produk dan pelayanannya.
Salah satu tipe content adalah informasi pelayanan konsumen. Pertanyaan apa saja yang sering ditanyakan oleh konsumen. Jika anda tidak memiliki daftar pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh konsumen, duduklah sendiri atau dengan staff anda dan tulislah pertanyaannya. Kemudian postinglah informasi ini ke website. Makin sering konsumen anda mendapat jawaban dari website anda, makin sedikit waktu yang tersimpan untuk menjawab pertanyaan yang sama via telepon atau tulisan.

c) Desain grafis
Hal yang terpenting untuk memilih desainer grafis adalah bekerja dengan beberapa professional yang mengerti kebutuhan unik dari suatu website. Ukuran file yang dibutuhkan, keterbatasan warna, dan resolusi layar adalah jauh berbeda dengan hasil cetakan. Bagaimanapun baiknya anda mengorganisasikan content anda, tampilan grafislah yang menentukan. Anda bisa membuat kesan yang bagus dengan beberapa grafik desain yang baik pada home page anda.

d) Pemograman
Setelah anda merencanakan situs dan membuat content dan grafiknya, anda akan mengkonversi informasi anda ke dalam format yang bisa dibaca Web. Anda bisa melakukan ini dengan meng-convert dokumen ke dalam HTML (Hyper Text Markup Language) dan mengkonversi grafik kedalam format gif, jpg, atau png. Mempelajari dasar-dasar HTML cukup mudah. Jika anda hanya memiliki sedikit halaman web, anda mungkin dapat melakukannya sendiri. Dengan Microsoft word saja, anda dapat menyimpan dokumen menjadi file HTML.
Ketika anda mulai bekerja dengan fitur interaktif, anda mungkin membutuhkan bantuan seorang programmer. Pastikan anda melihat beberapa contoh proyek-proyek yang sebelumnya pernah dibuat programmer tersebut sebelum anda mempekerjakannya.
Ketika segalanya sudah siap, anda akan membutuhkan pelayanan untuk hosting situs anda. Akhir-akhir ini banyak perusahaan atau individu yang menggunakan jasa hosting melalui ISP atau dengan perusahaan penyedia hosting web.

e) Pemasaran dan promosi
Membuat website yang brilliant saja tidak cukup. Dengan adanya 100 juta situs, untuk menarik perhatian pengunjung merupakan sesuatu yang menantang. Beberapa pengembang menawarkan jasa marketing dan promosi dalam satu paket dengan jasa pembuatan website. Registerlah situs anda dengan search engine utama yaitu :
  • Bing
  • Google
  • Yahoo
Seorang professional internet dapat membantu anda membawa banyak orang untuk mengunjungi situs anda. Semuanya dari iklan pada web untuk promosi yang kreatif.

f) Perawatan
Seperti layaknya rumah, website anda juga memerlukan perawatan regular. Jika anda ingin pengunjung kembali mengunjungi situs anda, seseorang harus menambahkan beberapa content dan updater dari material yang ada, ada email yang harus dijawab, link-link yang harus dicek, dan mungkin data statistic penggunaannya. Untuk situs yang kecil, hanya membutuhkan waktu 2 atau 3 jam per bulan.
Namun untuk merawat situs yang besar membutuhkan kerja full time, jadi sisihkan biaya untuk melanjutkan perawatan kedalam budget anda. Jika anda bekerja dengan pengembang web yang membantu anda dengan aspek dari projek anda, perusahaan bisa menawarkan kerjasama perawatan situs sebagai bagian dari kontrak. Tanyakan hal ini pada saat memulai proyek.

0 komentar:

Posting Komentar