Microsoft Excel - VLOOKUP

Minggu, 12 Desember 2010

Fungsi VLOOKUP pada Excel digunakan untuk mencari sebuah nilai nilai pada kolom pertama dari array table dan menghasilkan sebuah nilai pada baris yang sama dari kolom lain di dalam array table.

V pada Vlookup adalah singkatan dari Vertikal. Gunakan Vlookup apabila nilai perbandingan terletak pada kolom di sebelah kiri data yang anda cari.

Syntax :

VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)

Lookup_value adalah nilai yang dicari pada kolom pertama dari array table. Lookup_value dapat berupa sebuah nilai atau referensi. Jika Lookup_value lebih kecil dari pada nilai terkecil pada kolom pertama array table, Vlookup menghasilkan nilai error #N/A.

Table_array adalah Dua atau lebih kolom data. Gunakan referensi pada range atau nama range. Nilai pada kolom pertama array table adalah nilai yang dicari oleh lookup_value. Nilai ini bisa berupa teks, angka atau nilai logika. Huruf besar atau kecil dianggap sama.

Col_index_num adalah Nomor kolom dari data yang dicari pada array table. Nomor indeks kolom 1 menghasilkan nilai pada kolom pertama dalam array table, Nomor indeks kolom 2 menghasilkan nilai pada kolom kedua dalam array table dan seterusnya. Jika nomor indeks kolom kurang dari satu, maka VLOOKUP menghasilkan nilai error #VALUE!

Range_lookup Sebuah nilai logical yang menentukan apakah anda menghendakli VLOOKUP untuk mencari nilai yang tepat atau nilai yang mendekati :
  1. Jika TRUE atau dihilangkan, maka akan menghasilkan nilai yang tepat atau nilai yang mendekati. Bila nilai yang tepat tidak ditemukan, maka hasilnya adalah nilai terbesar berikutnya yang lebih kecil dari lookup_value. Nilai pada kolom pertama array table haruslah dalam keadaan berurutan secara Ascending (dari nilai terkecil s.d nilai terbesar). Jika tidak maka VLOOKUP tidak akan memberikan nilai yang benar.
  2. Jika FALSE, VLOOKUP hanya akan menemukan nilai yang tepat atau sesuai saja, bukan nilai yang mendekati. Pada kasus ini, nilai pada kolom pertama array table tidak perlu diurutkan. Jika ada dua atau lebih nilai pada kolom pertama array table yang sesuai dengan lookup_value, nilai yang pertama kali ditemukan yang digunakan. Jika nilai yang tepat (sama persis) tidak ditemukan, hasilnya adalah nilai error #N/A.

Untuk mempelajari lebih lanjut fungsi VLOOKUP, silahkan klik disini untuk mengunduh contoh penggunaan rumus VLOOKUP beserta soal latihannya. Selamat mencoba, semoga sukses... :)

3 komentar:

Denardo mengatakan...

Sepp pak..
tapi kayanya lebih jelas lagi kalo bapak yang terangin deh....

Fahad Umi Maki mengatakan...

oke siap pak....

pak pengen jadi orang kaya,bisnis di internet gmna pak ?
hehehe
fahad.

Haris Triono Sigit mengatakan...

@Denardo : Beeuuuhhh, bs aja nih ngomongnya... :))

@Fahad : Tinggal klik link "Rahasia Panas", trus daftar & jalankan tips & triknya... :)

Posting Komentar